Selasa, 01 November 2011

PENGESAHAN LOGO

PENGESAHAN
LAMBANG
IKATAN ALUMNI ( IKA )
SMP PASUNDAN 1 CIMAUNG / SMP PASUNDAN 2 BANJARAN

Disusun oleh:
Alumni 2004
BANDUNG
2011



Sekretariat : Jl. Raya Madur  Desa. Sukamaju  Kec. Cimaung Kabupaten Bandung

PENDAHULUAN
                   I.      LATAR BELAKANG
Pada dasarnya, sosialisasi memberikan dua kontribusi fundamental bagi kehidupan. Pertama, memberikan dasar atau fondasi kepada individu bagi terciptanya partisipasi yang efektif dalam masyarakat. Kedua, memungkinkan lestarinya suatu masyarakat – karena tanpa sosialisasi akan hanya ada satu generasi saja sehingga kelestarian masyarakat akan sangat terganggu.
Sosialisasi adalah satu konsep umum yang bisa dimaknakan sebagai sebuah proses di mana belajar melalui interaksi dengan orang lain, tentang cara berpikir, merasakan, dan bertindak, di mana kesemuanya itu merupakan hal-hal yang sangat penting dalam menghasilkan partisipasi sosial yang efektif.
Ide Ikatan Alumni pertama kali tercetus setelah mendapat pemikiran hilangnya sebagian komunikasi antara teman seangkatan khususnya pada angkatan 2004 . Di dalam pemikiran tersebut tidak adanya payung sebagai wadah resmi antara alumni setelah mereka meninggalkan pendidikan SMP. Ikatan Alumni berfungsi sebagai wadah berkumpulnya segala cerita, prestasi, pengalaman, ilmu, dan informasi dari alumni – alumni sebagai landasan pemikiran bekerjasama membawa nama SMP Pasundan 1 Cimaung dalam masyarakat luas. Segala cerita, prestasi, pengalaman, ilmu, dan informasi yang didapatkan alumni dari dunia perguruan tinggi digabung menjadi satu dalam  Ikatan Alumni dalam memajukan SMP Pasundan 1 Cimaung, Kec. Cimaung dan Kab. Bandung dimasa mendatang.  
                II.      TUJUAN
Tujuan dari berdirinya Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung ini adalah sebagai wadah berkumpulnya segala cerita, prestasi, ilmu, pengalaman, dan informasi dari alumni – alumni sebagai landasan pemikiran dan bekerjasama membawa kemajuan SMP Pasundan 1 Cimaung,  Kec. Cimaung dan Kab. Bandung dalam masyarakat luas.
             III.      MANFAAT
a.       Dapat memberikan informasi – informasi penting sesuai kebutuhan siswa – siswi dan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung.
b.      Menjaga tali persaudaraan antara alumni yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi seluruh Indonesia
c.       Dapat memberikan kemajuan bagi SMP Pasundan 1 Cimaung, Kec. Cimaung dan Kab. Bandung  dimasa mendatang
d.      Melatih kehidupan sosial bermasyarakat
                   I.      GAGASAN
Dalam membentuk sebuah Ikatan perlu adanya pondasi sebagai titik tumpang berdirinya suatu himpunan baru. Pondasi tersebut meliputi visi, misi, struktur kepengurusan, dan agenda – agenda wajib didalamnya. Meskipun banyak yang menyadari bahwa membentuk suatu himpunan massal tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ikatan Alumni ini dibentuk tidak jauh dari rasa solidaritas dan kerjasama sesama teman seangkatan yang lulus pada institusi pendidikan yang sama.
Oleh karena itu didirikanlah Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung berbasis perkumpulan sesama lulusan SMP Pasundan 1 Cimaung ini yang bernama “Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran” dengan sebutan tujuan ” IKAPACI ”. Ikatan ini didirikan sebagai wadah cerita, prestasi, ilmu, pengalaman, dan informasi alumni selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi sebagai landasan pemikiran untuk memajukan Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung. Ikatan ini didirikan khusus dari para siswa – siswi Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran. Berdirinya Ikatan ini dianggap sangat perlu dalam memikirkan pola dalam kemajuan bersama. Berikut motto, visi dan misi :
MOTTO
" Ikatkan Kembali tali silaturahmi Sesama Keluarga Besar Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran Satukan Visi dan Misi... Sehingga tercapai satu tujuan "
V I S I
1)      Menjalin silahtuhrahmi anggota ikatan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran dan mantan guru.
2)      Menjadikan  Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran sebagai rumah berteduh segala cerita, prestasi, pengalaman, ilmu, dan informasi alumni.
3)      Mensukseskan acara Reuni Akbar Perdana sebagai langkah awal pembentukan Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran.
M I S I
1)      Menjadikan Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran sebagai organisasi yang solid, berwawasan sosial, media komunikasi alumni yang berkesinambungan.
2)      Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran, sebagai langkah awal mempersatukan alumni lainnya menuju Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran.
3)      Sebagai wadah berkumpulnya cerita, prestasi, pengalaman, ilmu, dan informasi antara alumni selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk membuat satu pola pikir dalam memajukan SMP Pasundan 1 Cimaung Kec. Cimaung Kab. Bandung
4)      Memajukan SMP Pasundan 1 Cimaung dimasa mendatang


Lambang
Arti dan Bentuk Lambang IKAPACI
 
Warna :
·        Hijau seperti melambangkan kedamaian, yang berarti IKAPACI atau alumni SMP Pasundan 1 Cimaung  yang cinta damai
·        Warna Hitam melambangkan pengikat, yang berarti  atau alumni SMP Pasundan 1 Cimaung   yang berkomitmen menjaga tali silaturohmi
·        Merah melambangkan warna nasional bangsa Indonesia yang juga warna bendera Indonesia, Merah mempunyai makna berani dan berwibawa.
·        Putih bermakna kemurnian dan kesucian
Bentuk :
·        Lingkaran melambangkan bahwa Ikapaci adalah bagian dari SMP Pasundan 1 Cimaung. Bentuk ini mengadopsi dari logo SMP Pasundan 1 Cimaung 
·        Angka satu melambangkan bahwa Ikapaci ingin SMP Pasundan 1 Cimaung  Kab. Bandung  menjadi satu – satunya ikatan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung





Lembar Pengesahan
Logo Ikatan Alumni ( Ika )
SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran


Ketua Umum




( SURATMAN )
Sekretaris Umum




( FITRI TRISTANTI )

Mengetahui / Menyetujui,

Kepala Sekolah
SMP Pasundan 1 Cimaung



( Dra. Teti Hayati )
NIP. 196 403 171 992 032 005
PKS. Kesiswaan




( IWA SUGRIWA, S.Pd.I )
NUPTK. 924 775 966 120 0033















1.      Agenda Terbatas
·        Rapat Terbatas
Rapat terbatas adalah rapat yang diperuntukkan dalam menanggapi masalah - masalah yang ada secara mendadak. Masalah ini bersifat tidak dapat ditunda lagi, maka perlu dengan segera melakukan tindakan cepat.
2.      Agenda Awal
Agenda awal ini lebih pada pengenalan awal ketika alumni yang baru lulus dari SMP Pasundan 1 Cimaung.
  • Rapat Inti IKAPACI
Rapat Inti IKAPACI adalah rapat besar yang menjadi cikal bakal berdirinya Ikatan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran
Rapat dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2011 dengan dihadiri beberapa alumni SMP Pasundan 1 Cimaung. Dalam hasil rapat menghasilkan beberapa poin – poin penting yang menjadi pondasi utama Ikatan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran.
  • Pengenalan IKAPACI
Pengenalan Ikatan alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran ini bertujuan untuk mengetahui secara menyeluruh mengenai IKAPACI. Pengenalan tersebut ditunjukan kepada alumni – alumni angkatan muda ketika akan lulus dari SMP Pasundan 1 Cimaung  Pengenalan tersebut  meliputi pengenalan struktur Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran, agenda – agenda, dan informasi – informasi penting lainnya. Pengenalan Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran dapat dilaksanakan melalui sosialisasi langsung ke SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran, internet, pamvlet, brosur, dan lainnya.    
  • Pendataan pada Siswa Kelas 3 SMP Pasundan 1 Cimaung.
Pendataan sebagai data awal anggota baru untuk masuk Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran. Pendataan biasanya dilakukan saat siswa duduk dibangku kelas SMP Pasundan 1 Cimaung. Tujuannya adalah karena saat itu siswa kelas 3 masih belum keluar dari lingkungan SMP Pasundan 1 Cimaung  jadi lebih mudah mendata sebelum mereka menyebar ke berbagai kota seluruh Indonesia. Data – data ini sebagai alat komunikasi jika suatu saat akan dibutuhkan pada acara – acara penting.  
3.      Agenda Wajib
Agenda bulanan meliputi
·        Evaluasi Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran
Evaluasi Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran sesuai kesepakatan dilaksanankan setiap 6 bulan sekali. Evaluasi tersebut meliputi evaluasi struktur Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran, evaluasi kemajuan IKAPACI, dan evaluasi kelebihan dan kekurangan dalam IKAPACI untuk dapat mengetahui grafik perkembangan IKAPACI. Evaluasi ini bertujuan menemukan titik – titik kelemahan dan berusaha untuk menyempurnakan IKAPACI demi terciptanya Visi dan Misi IKAPACI.
4.      Agenda Tahunan
Agenda ini dilaksanakan setahun sekali sebagai agenda rutin yang mengisi beberapa kegiatan dalam organisasi ini.
·        Mengadakan acara sosial Donor Darah*
Pengadaan acara sosial donor darah merupakan wujud bentuk kepedulian IKAPACI sebagai IKATAN ALUMNI yang berkomitmen memberikan kemajuan bagi Kec. Cimaung dan Kab. Bandung. Acara sosial donor darah ditujukan bagi pelajar SMP Pasundan 1 Cimaung secara umum dan masyarakat umum. Di dalam acara sosial donor darah IKAPACI kedepannya akan bekerjasama oleh pihak - pihak yang terkait dalam menyukseskan acara tersebut.    
·        Mengadakan mentoring ke SMP Pasundan 1 Cimaung
Agenda mentoring ini khusus siswa alumni SMP Pasundan 1 Cimaung yang diperioritaskan utama untuk dapat mengisi mentoring ini. Selain menunjukkan prestasi alumni masuk SMA/SMK/SMEA/STM juga sebagai motivasi adik – adik bahwa dapat mengikuti jejak alumni diatasnya. *dalam tahap perencanaa
5.      Agenda Khusus
·        Reuni Akbar
Reuni akbar sebagai acara terbesar dalam Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran. Di dalam acara tersebut tempat berkumpulnya berbagai angkatan alumni – alumni Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam dunia kerja, perkuliahan, pengalaman hidup, dan lain sebagainya.
·        Majalah Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran
Majalah sebagai wadah informasi berbasis surat kabar sangatlah penting dalam menjaring informasi – informasi penting skala global. Meskipun internet sudah terjangkau dimana – mana tetapi informasi atau berita lebih menarik jika dibaca dalam sebuah majalah. Majalah ini nantinya akan berisi mengenai, prestasi – prestasi yang telah dicapai oleh siswa – siswi SMP Pasundan 1 Cimaung meliputi tataboga, tatabusana, elektronika, kerajinan/ketrampilan, dan lain sebagainya, berita – berita menarik/penting, prestasi – prestasi alumni selama di perguruan tinggi, puisi, pantun, teka – teki silang, dan hal – hal yang menarik untuk pembaca. *dalam tahap perencanaa
·        Mading Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran
Mading juga sebagai solusi mempublikasikan karya – karya, tugas – tugas dari para guru yang mendapat apresiasi baik juga dapat di temple pada mading sekolah. Mading juga nantinya akan berisi materi – materi dari IKAPACI yang sangat bermanfaat bagi siswa – siswi Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung. Materi dapat berisi informasi– informasi mengenai SMA/SMK/SMEA/STM, olimpiade, dan lain sebagainya.  

6.      Fasilitas Pendukung Ikatan Alumni
·        Blog IKAPACI
IKAPACI menyediakan blog yang dapat diakses kapanpun yang berisi informasi – informasi penting dalam mendukung perjalanan IKAPACI. Isi didalam blog disesuaikan dengan kebutuhan para siswa dan alumni Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung. Saat ini blog berisi informasi – informasi tentang Alumni. Fasilitas blog ini berguna untuk mempermudah akses komunikasi dan informasi bagi siapa saja yang membutuhkan Khusus nya alumni.
·        Facebook
Fasilitas facebook digunakan sebagai sarana komunikasi popular masa kini dalam menjaring komunitas yang lebih besar. Pertemanan didalam facebook diperuntukkan khusus untuk siswa SMP Pasundan 1 Cimaung dan alumni – alumninya.
·        Twitter
Twitter juga merupakan situs jejaring sosial lainnya yang popular saat ini. Twitter juga untuk menjaring komunitas yang lebih besar dan pertemanannya khusus untuk siswa SMP Pasundan 1 Cimaung dan alumni – alumninya.
*dalam tahap perencanaa
Twitter  
·        E-mail
Surat elektronik IKAPACI juga sebagai penyedia layanan surat menyurat elektronik yang digunakan dalam kemudahan komunikasi
·        Contact
Best Camp IKAPACI
Jalan Raya Madur Desa. Sukamaju Kec. Cimaung Kab. Bandung.
·        Sekertariat IKAPACI
Jalan Raya Madur Desa. Sukamaju Kec. Cimaung Kab. Bandung






7.      Prediksi Hasil
Hasil yang akan diperoleh pada Ikatan Alumni SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP PAsundan 2 Banjaran.
·        Terjalinnya komunikasi yang baik antara alumni yang didukung dengan fasilitas – fasilitas yang disediakan IKAPACI
·        Adik – adik kelas sangat terbantu dengan informasi – informasi yang diberikan IKAPACI dari alumni – alumni terdahulu dalam memasuki perguruan tinggi 
·        Memberikan dampak yang besar dalam kemajuan SMP Pasundan 1 Cimaung dengan alumni – alumni yang berprestasi semasa mereka duduk di bangku perguruan tinggi
·        Terjalin kerukunan antara alumni – alumni berbeda angkatan dengan kegiatan – kegiatan yang ditawarkan
·        Memberikan dampak kemajuan bagi masyarakat Kec. Cimaung..

8.      KESIMPULAN
IKAPACI merupakan himpunan yang didirikan oleh alumni – alumni angkatan 2004 – 2011  SMP Pasundan 1 Cimaung / SMP PAsundan 2 Banjaran.atas berbagai pertimbangan yang terjadi setelah keluar dari bangku SMP. Ikatan Alumni SMP PAsundan 1 Cimaung / SMP Pasundan 2 Banjaran. adalah Ikatan sebagai wadah berkumpulnya cerita, prestasi, pengalaman, dan informasi dari alumni – alumni untuk dijadikan bahan pemikiran dalam kemajuan SMP Pasundan 1 Cimaung.

1 komentar:

  1. SEGA GENESIS - GAN-GAMING
    SEGA GENESIS. GENESIS-HANDS. Genesis sol.edu.kg (JP-EU). NA. NA. NA. septcasino SEGA GENESIS-HANDS. NA. SEGA herzamanindir.com/ GENESIS. 출장샵 NA. GENESIS-HANDS. https://deccasino.com/review/merit-casino/ NA.

    BalasHapus